Senin, 20 April 2015

Memindahkan aplikasi android ke sd card dengan pc

Bagi kalian yg memiliki smartphone keluaran terkini sekarang ini, mungkin sebenarnya hal tersebut sudah bukan lagi menjadi masalah. Nah untuk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal tersebut kita dapat mengakalinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dengan cara begitu, kita dpt menyimpan lebih banyak aplikasi & mempunyai penyimpanan yg lebih. Ada beberapa cara gampang utk memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik dengan cara memindahkan aplikasi itu secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dgn syarat smartphone kita mesti sudah di root.

Jika saat ini kalian sedang bingung bagaimana Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, berikut ini Aplikasi Android Blog akn memberikan langkah demi langkah untuk Cara Tidak Sulit Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card.




Cara Pertama Dgn Cara Manual

Masuk ke menu Setting

Lalu pilih Aplikasi

Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yg kepingin kita pindahkan ke memori eksetrnaal, serta tekan tombol Move to SD card.

Move to SD card

Cara Kedua Dgn Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara diatas ngga bisa, Cara yg paling gampang untuk memindah aplikasi Android ke eksternal SDCard, kita dpt pakai aplikasi gratis yang bisa di download langsung pada Playstore namanya Link2SD. Pada aplikasi Link2SD ini memiliki fungsi utama yaitu dapat memindahkan banyak data serta aplikasi dari internal memori ke external memory dgn cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yg terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yg seharusnya disimpan di internal memory.

Sebelum melanjutkan langkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yg hrs dipenuhi supaya cara ini dpt diterapkan pada smartphone android kami yaitu:

Perangkat smartphone android kita hrs sudah berstatus root, bila blm diroot, sobat dpt mencari langkah-langkah roting android menurut type smartphone android sobat di google

Memori Ekternal (SDCard) hrs telah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard kita mesti dipartisi menjadi 2 bagian, kita bisa mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, kalian bisa mengerjakan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau dapat langsung mengerjakan partisinya melalui smartphone kalian, untuk cara partisi pada SDCard, Bisa Nte baca posting tentang Cara Tidak Susah Partisi Micro SD Card Android Dgn Link2SD Tanpa PC.

Jika persyaratan diatas telah kalian lakukan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD dibawah ini:

Silahkan download dan install aplikasi Link2SD melalui Google Playstore.

Jalankan aplikasi Link2SD. Bila muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Ketika pertama kali menggunakannya, akn muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang engkau gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dgn jenis partisi yang sudah engkau lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.

Setelah tersebut langsung saja kami pilih aplikasi mana saja yang kepingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Sampean bisa langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau lw juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dgn mencentangnya yg ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem ngga akn bisa dipindahkan.

Bila sudah selesai memilih aplikasi yg ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pastikan nte mencentang ketiga menu yg muncul, lalu pilih OK.

Tunggu hingga proses selesai serta lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang engkau pilih tadi telah dipindahkan jumlah ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey & pilih storage info.

Selesai. Cara Tidak Susah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card. Semoga tutorial diatas dpt bermanfaat untuk sobat semuanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar